
LAPORAN HASIL
KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PERFORMA MENGAJAR DOSEN KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK DAN KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA
PERGURUAN TINGGI NAHDLATUL ULAMA PADANGSIDIMPUAN
TAHUN 2023/2
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kepuasan mahasiswa terhadap layanan yang diberikan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dalam mencapai visi keilmuan program studi. Mahasiswa selain berperan sebagai input, mereka juga adalah stakeholder yang memanfaatkan jasa program studi. Oleh karena itu, kepuasan mahasiswa menjadi penting dalam konsep pelayanan. Pada saat ini, kualitas program studi terhadap mahasiswa dipandang sebagai salah satu alat untuk mencapai keunggulan kompetitif program studi. Apabila kualitas pelayanan buruk dan kepuasan mahasiswa terhadap performa mengajar dosen kurang memuaskan, maka dalam jangka panjang daya saing program studi akan melemah dan sulit berkembang. Namun, pelayanan berkualitas bukan pekerjaan mudah karena melibatkan banyak aspek seperti pola penyelenggaraan (tata laksana), dukungan sumber daya manusia, dan kelembagaan yang jelas.
Gugus mutu Program Studi sebagai supporting unit selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi mahasiswa. Pelayanan yang diberikan oleh Program studi antara lain yaitu Kepuasan mahasiswa terhadap performa mengajar dosen, Kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik, Kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana pembelajaran. Survey tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan terhadap performa mengajar dosen ini dilakukan untuk menjaring tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan yang diberikan oleh Biro Administrasi Akademik. Hasil survey ini akan menjadi masukan bagi perbaikan maupun peningkatan kualitas pelayanan Program Studi selanjutnya.
B. Maksud dan Tujuan
Kuesioner Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Kepuasan mahasiswa terhadap performa mengajar dosen, Kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik dan Kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana pembelajaran bertujuan untuk menilai kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh Gugus Mutu Program Studi Pendidikan Agama Islam
STAI PERTINU Padangsidimpuan. Selain itu, survey ini juga sebagai bagian
dari monitoring dan evaluasi untuk perbaikan pelayanan selanjutnya.
C. Sasaran
Mahasiswa Aktif Tahun Akademik 2023/2024
METODOLOGI
A. Waktu Pelaksanaan
Penyebaran dan pengembalian kuesioner dimulai tanggal 10 Juni 2023/2024 sampai dengan 28 Juni 2023/2024. Kuesioner tersebut diisi melalui platform google form dan website program studi.
B. Subjek/Profil Responden
Survey yang dilakukan ini merupakan survey tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan Kepuasan mahasiswa terhadap performa mengajar dosen, Kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik dan Kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana pembelajaran program studi Tahun Akademik 2023/2024 dengan jumlah 100 Mahasiswa.
C. Teknik Pengambilan Sampel dan Pengumpulan Data
Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada survey kali ini adalah perposive sampling yaitu Mahasiswa Aktif Tahun Akademik 2023/2024 sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Responden diminta untuk mengisi kuisioner melalui Google Form web program studi Pernyataan yang diajukan kepada mahasiswa berjumlah 23 item dari 3 indikator kepuasan mahasiswa. Pernyataan tersebut berkaitan dengan kepuasan mahasiswa terhadap layanan Kepuasan mahasiswa terhadap performa mengajar dosen, Kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik dan Kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana pembelajaran. Dari 23 item pernyataan tersebut diukur dengan menggunakan skala likert 1-5. Skala tersebut menunjukkan 1) Sangat Tidak memuaskan, 2) Tidak Memuaskan Cukup memuaskan, 3) memuaskan, 4) Sangat memuaskan 5).
D. Pengolahan Data
Data diolah berdasarkan hasil dari pengisian survey melalui Google Form. Selain itu, uji kualitas instrumen yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas diolah dengan menggunakan IBM SPSS Statistics 25.
BAB III
HASIL DAN ANALISA
A. Demografi Kuesioner
Penyebaran dan pengembalian kuesioner dimulai tanggal 10 Juni 2023/2024 sampai dengan 28 Juni 2023/2024. Kuesioner tersebut diisi Google Form dan web program studi dimana hasil kuesioner tersebut terekam pada database Gugus Mutu Program Studi. Berdasarkan hasil penyebaran kuesioner, diperoleh data yang menunjukkan jumlah dan tingkat pengembalian kuesioner. Pada survey ini jumlah respon yang didapatkan sebanyak 100 responden, sebesar 31,8% respon dari jumlah keseluruhan Mahasiswa Aktif Tahun Akademik 2023/2024.
B. Uji Kualitas Instrumen
- Uji Validitas
Uji validitas dapat dilakukan dengan uji homogenitas data, yaitu dilakukan dengan cara melakukan uji korelasi terhadap item-item pernyataan dengan skor total (pearson correlation). Seluruh item pembentuk variabel dikatakan valid apabila memiliki korelasi (r) dari skor total masing-masing yaitu ≥0,25 atau memiliki nilai sig dari skor total masing-masing yaitu <0,05. Hasil uji validitas dapat dilihat pada tabel berikut:
Hasil Uji Validitas Pearson Correlation
Butir Pernyataan | R | Sig. | Keterangan |
Pernyataan 1 | 0,680 | 0,000 | Valid |
Pernyataan 2 | 0,551 | 0,000 | Valid |
Pernyataan 3 | 0,667 | 0,000 | Valid |
Pernyataan 4 | 0,636 | 0,000 | Valid |
Pernyataan 5 | 0,640 | 0,000 | Valid |
Pernyataan 6 | 0,675 | 0,000 | Valid |
Pernyataan 7 | 0,585 | 0,000 | Valid |
Pernyataan 8 | 0,708 | 0,000 | Valid |
Pernyataan 9 | 0,692 | 0,000 | Valid |
Pernyataan 10 | 0,627 | 0,000 | Valid |
Pernyataan 11 | 0,561 | 0,000 | Valid |
Pernyataan 12 | 0,582 | 0,000 | Valid |
Pernyataan 13 | 0,551 | 0,000 | Valid |
Pernyataan 14 | 0,574 | 0,000 | Valid |
Pernyataan 15 | 0,585 | 0,000 | Valid |
Pernyataan 16 | 0,483 | 0,000 | Valid |
Pernyataan 17 | 0,696 | 0,000 | Valid |
Pernyataan 18 | 0,661 | 0,000 | Valid |
Pernyataan 19 | 0,637 | 0,000 | Valid |
Pernyataan 20 | 0,569 | 0,000 | Valid |
Pernyataan 21 | 0,605 | 0,000 | Valid |
Pernyataan 22 | 0,615 | 0,000 | Valid |
Pernyataan 23 | 0,391 | 0,000 | Valid |
Beradasarkan tabel di atas menunjukkan hasil perhitungan uji validitas mengenai jawaban responden dimana keseluruhan berjumlah 560 jawaban reponden. Seluruh item pernyataan memiliki nilai korelasi (r) dari skor total masing-masing yaitu ≥0,25 atau memiliki nilai sig dari skor total masing- masing yaitu <0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa seluruh item pernyataan yang ada dalam kuesioner tersebut dikatakan layak sebagai instrumen untuk mengukur data.
2. Uji Reliabilitas
Uji reliabilitas adalah pengujian untuk mengetahui seberapa jauh hasil pengukuran dapat dipercaya atau uji yang digunakan untuk megetahui tingkat kepercayaan pada kebenaran atau kesungguhan jawaban instrumen. Instrumen yang memiliki nilai cronbach’s alpha <0,50 maka reliabilitasnya rendah; nilai cronbach’s alpha antara 0,50-0,70 maka reliabilitasnya moderat; nilai cronbach’s alpha antara 0,70-0,90 maka reliabilitasnya tinggi; dan nilai cronbach’s alpha >0,90 maka reliabilitasnya sempurna. Semakin tinggi nilai cronbach’s alpha maka instrumen tersebut semakin
memiliki tingkat konsistensi yang tinggi. Hasil uji reliabilitas dapat dilihat pada tabel berikut:
Hasil Uji Reliabilitas
Cronbach’s Alpha | Keterangan |
0,923 | Reliabilitas Sempurna |
Beradasarkan tabel di atas menunjukkan hasil perhitungan uji reliabilitas mengenai jawaban responden dimana keseluruhan berjumlah 24 jawaban reponden. Hasil pengujian reliabilitas menunjukkan nilai cronbach’s alpha 0,976 yang artinya tingkat konsistensi responden dalam menjawab pernyataan 97,6% dapat dipercaya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa instrumen yang digunakan dalam survey ini memiliki nilai reliabilitas yang sempurna.
C. Analisis Data
Survey dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik. Respon yang didapatkan berjumlah 100 jawaban. Jumlah pernyataan yang diajukan kepada mahasiswa yaitu 23 item pernyataan yang diukur dengan skala likert 1-5. Skala tersebut menunjukkan 1) Sangat tidak memuaskan, 2) tidak memuaskan, 3) cukup memuaskan, 4) Memuaskan 5) Sangat memuaskan. Hasil survey dapat dlihat pada tabel berikut:
Hasil Survey
Butir Pernyataan | Sangat Tidak Memuaskan (1) | Tidak Memuaskan
(2) |
Cukup Memuaskan
(3) |
Memuaskan (4) | Sangat Memuaskan
(5) |
Pernyataan 1 | 0 | 2 | 27 | 113 | 92 |
0% | 9% | 11,5% | 48,3% | 39,3% | |
Pernyataan 2 | 0 | 0 | 27 | 147 | 60 |
0% | 0% | 11,5% | 62,8% | 25,6% | |
Pernyataan 3 | 0 | 1 | 33 | 130 | 70 |
0% | 0,4 | 14,1% | 55,6 | 29,9 | |
Pernyataan 4 | 0 | 4 | 35 | 117 | 78 |
0% | 1,7% | 15,0% | 50% | 33,3% | |
Pernyataan 5 | 0 | 0 | 19 | 139 | 75 |
0% | 0% | 8,1% | 59,4 | 32,1 | |
Pernyataan 6 | 0 | 3 | 25 | 119 | 87 |
0%
Pernyataan 7 0
0%
1,3%
1
0,4
10,7%
25
10,7
50%
144
61,5
37,2%
64
27,4
Pernyataan 8
Pernyataan 9
Pernyataan 10
Pernyataan 11
pernyatan
Pertanyaan 12
pertanyaan 13
pertanyaan 14
Pertanyaan 15
pertanyaan 16
pertanyaan 17
Pertanyaan 18
Pertanyaan 19
Pertanyaan 20
Pertanyaan 21
Pertanyaan 22
Pertanyaan 23
0
0%
0
0%
1
0,4
0
0%
0
0%
0
0%
0
0%
0
0%
0
0%
0
0%
2
0,9%
4
1,7%
0
0%
1
0,4%
0
0%
0
0%
4
1,7
2
0,9
0
0%
0
0%
0
0%
0
0%
0
0%
2
0,9%
0
0%
1
0,4%
24
10,3%
9
3,8%
3
1,3%
14
6,0%
7
3,0%
1
0,4%
40
17,1
26
11,1
11
4,7
16
6,8%
13
5,6
17
7,3
18
7,7
31
13,2%
17
7,3%
29
12,4%
58
24,8%
33
14,1%
28
12%
48
20,5%
42
17,9%
3
1,3%
109
46,6
142
60,7
110
47,0
120
51,3%
129
55,1
129
55,1
133
56,8
127
54,3%
127
54,3%
132
56,4%
104
44,4
143
61,1%
133
56,8%
116
49,6%
123
52,6%
103
44,0%
81
34,6
64
27,4
110
47,0
98
41,9%
92
39,3
87
37,2
83
35,5
73
31,2%
90
38,5%
72
30,8%
46
19,7%
45
19,2%
70
29,9%
55
23,5%
62
26,5%
127
54,3%
Hasil evaluasi 23 item pernyataan secara keseluruhan mengenai tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik untuk skala likert1-5 terdapat pada poin 4 yaitu “memuaskan”. Berikut hasil analisis SPSS dapat dilihat pada Tabeldi bawah ini
Rata-Rata Jawaban 100 Responden
Skala Likert 1-5 | |
Kriteria | Jawaban |
Cukup Memuaskan | 6,0% |
Memuaskan | 71,4% |
Sangat Memuaskan | 22,6% |
D. Kesimpulan
Survey menunjukkan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan Kepuasan mahasiswa terhadap performa mengajar dosen, Kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik, Kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana pembelajaran sebesar 71,4%. Skala likert menunjukkan menunjukkan rata-rata yakni pada angka yang cukup memuaskan dengan presentasi sebesar 6,0%, memuaskan sebesar 71,4%, dan sangat memuaskan sebesar 22,6%. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan menggunakan aplikasi SPSS 22 menunjukkan bahawa tingkat kepuasan pada 3 aspek layanan berada kriteria memuaskan. “.
Pernyataan 1
Kejelasan materi perkuliahan diberikan dosen
Pada aspek kejelasan materi perkuliahan diberikan dosen menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan terdapat 2 (9%), cukup memuaskan (11,5%) memuaskan (48,3%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (39,3%).
Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan
Pernyataan 2
Waktu yang disediakan untuk diskusi dan tanya jawab
Pada aspek Waktu yang disediakan untuk diskusi dan tanya jawab menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria cukup memuaskan (11,5%) memuaskan (48,3%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (25,6%). Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.
Pernyataan 3
Bahan ajar suplemen (handout, modul, dll) yang diberikan kepada mahasiswa untuk melengkapi materi perkuliahan
Pada aspek Bahan ajar suplemen (handout, modul, dll) yang diberikan kepada mahasiswa untuk melengkapi materi perkuliahan menunjukkan bahwa persentasi pada
kriteria cukup memuaskan (14,1%) memuaskan (55,6%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (29,9%). Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.
Pernyataan 4
Dosen datang tepat waktu
Pada aspek Dosen datang tepat waktu menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan (1,7%) cukup memuaskan (15%) memuaskan (50%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (33,3%). Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.
Pernyataan 5
Referensi yang digunakan dosen up to date
Pada aspek Dosen datang tepat waktu menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria cukup memuaskan (8,1%) memuaskan (59,4%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (32,1%). Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.
Pernyataan 6
Dosen obyektif terhadap pemberian nilai
Pada aspek Dosen obyektif terhadap pemberian nilai menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan (1,3%) cukup memuaskan (10,7%) memuaskan (50%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (38%). Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.
Pernyataan 7
Kesesuaian nilai yang diberikan dengan hasil belajar
Pada aspek Kesesuaian nilai yang diberikan dengan hasil belajar menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan (0,4%) cukup memuaskan (10,7%) memuaskan (61,5%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (27,4%). Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.
Pernyataan 8
Dosen bersikap terbuka, kooperatif dengan mahasiswa
Pada aspek Kesesuaian nilai yang diberikan dengan hasil belajar menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan (1,7%) cukup memuaskan (17,1%) memuaskan (46,6%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (34,6%). Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.
Pernyataan 9
Waktu dipergunakan secara efektif oleh dosen dalam proses pengajaran
Pada aspek Kesesuaian nilai yang diberikan dengan hasil belajar menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan (0,9%) cukup memuaskan (11,1%) memuaskan (60,7%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (27,4%). Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.
Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Administrasi Akademik
Pernyataan 10
Kualitas layanan staf akademik Prodi Pendidikan Agama Islam untuk memenuhi kepentingan mahasiswa
Pada aspek Kualitas layanan staf akademik Prodi Pendidikanm Agma Islam untuk memenuhi kepentingan mahasiswa menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria sangat tidak memuaskan (0,4%) cukup memuaskan (4,7%) memuaskan (47,0%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (47,0% Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan dan sangat memuaskan.
Pernyataan 11
Pemberian informasi yang akurat dari staff PS Prodi Pendidikan Agama Islam
Pada aspek Kualitas layanan staf akademik Prodi Pendidikan Agama Islam untuk memenuhi kepentingan mahasiswa menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria sangat cukup memuaskan (6,8%) memuaskan (51,3%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (41,9% Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.
Pernyataan 12
Staf PS administrasi akademik santun dalam memberikan pelayanan
Pada aspek Staf PS administrasi akademik santun dalam memberikan pelayanan untuk memenuhi kepentingan mahasiswa menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria sangat cukup memuaskan (5,6%) memuaskan (51,1%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (39,3% Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan
Pernyataan 13
Kemampuan staf Prodi Pendidikan Agama Islam akademik untuk melayani administrasi kemahasiswaan
Pada aspek Kemampuan staf Prodi Pendidikan Agama Islam akademik untuk melayani administrasi kemahasiswaan menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria sangat cukup memuaskan (7,3%) memuaskan (51,1%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (372% Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.
Pernyataan 14
Kepedulian Staff PS dalam memahami kepentingan dan kesulitan mahasiswa
Pada aspek Kepedulian Staff PS dalam memahami kepentingan dan kesulitan mahasiswa menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria cukup memuaskan (7,7%) memuaskan (56,8%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (35,5% Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan Pernyataan 15
Asistensi staff PS terhadap publikasi ilmiah
Pada aspek Asistensi staff PS terhadap publikasi ilmiah menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan (0,9) cukup memuaskan (13,2%) memuaskan (54,3%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (31,2% Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan
Pernyataan 16
Asistensi pelayanan staff PS tentang informasi akademik
Pada aspek Asistensi pelayanan staff PS tentang informasi akademik kemahasiswaan menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria cukup memuaskan (7,3%) memuaskan (54,3%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (38,5% Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan
Layanan Sarana dan Prasarana Pembelajaran
Pernyataan 17
Laboratorium yang relevan dengan kebutuhan keilmuan bagi mahasiswa bahasa, komputer dan lain-lain)
Pada aspek Laboratorium yang relevan dengan kebutuhan keilmuan bagi mahasiswa bahasa, komputer dan lain-lain) menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan (0,4%) cukup memuaskan (12,4%) memuaskan (56,4%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (30,8% Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.
Pernyataan 18
Di setiap ruang kelas tersedia LCD
Pada aspek Di setiap ruang kelas tersedia LCD menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria sangat tidak memuaskan (0,9) tidak memuaskan (10,3%) cukup memuaskan (24,8%) memuaskan (44,4%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (19,7%) Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.
Pernyataan 19
Ruang kelas memadai dan nyaman untuk proses belajar mengajar
Pada aspek Ruang kelas memadai dan nyaman untuk proses belajar mengajar menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria sangat tidak memuaskan (1,7%) tidak memuaskan (3,8%) cukup memuaskan (14,1%) memuaskan (61,1%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (19,2%) Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan
Pernyataan 20
Tersedia ruangan yang nyaman untuk ruang kerja dosen dalam melayani mahasiswa
(PA dan bimbingan skripsi)
Pada aspek Tersedia ruangan yang nyaman untuk ruang kerja dosen dalam melayani mahasiswa (PA dan bimbingan skripsi) menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan (1,3%) cukup memuaskan (12%) memuaskan (56,8%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (29,9%) Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.
Pernyataan 21
Ketersediaan layanan Wifi yang bisa diakses
Pada aspek Ketersediaan layanan Wifi yang bisa diakses menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria sangat tidak memuaskan (0,4) tidak memuaskan (6,0%) cukup memuaskan (20,5%) memuaskan (49,6%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (23,5%) Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.
Pernyataan 22
Tersedia perpustakaan mini yang memadai dengan koleksi pustaka yang representatif
Pada aspek Tersedia perpustakaan mini yang memadai dengan koleksi pustaka yang representatif menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan (3,0%) cukup memuaskan (17,9%) memuaskan (52,6%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (26,5%) Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.
Pernyataan 23
Fasilitas ibadah yang dapat dipergunakan oleh mahasiswa
Pada aspek Fasilitas ibadah yang dapat dipergunakan oleh mahasiswa menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan (0,4%) cukup memuaskan (1,3%) memuaskan (44,0%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (54,3%) Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.
BAB IV
RENCANA TINDAK LANJUT
Berdasarkan hasil survey tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan Kepuasan mahasiswa terhadap performa mengajar dosen, Kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik dan Kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana pembelajaran memuaskan. Meskipun demikian, perlu dilakukan evaluasi kinerja untuk melakukan perbaikan dan peningkatan yaitu ketepatan dan kecepatan dalam pelayanan, penyampaian informasi yang akurat, akses informasi yang mudah, serta kelengkapan fasilitas ruang kelas. Dengan adanya evaluasi dan perbaikan maka diharapkan dapat memberikan tingkat kepuasan yang lebih baik lagi. Nilai persentase tingkat kepuasan yang dihasilkan pada survey ini telah sesuai standar. Dengan demikian, merekomendasikan kepada Program Studi untuk lebih meningkatkan pelayanan prima kepada 3 aspek layanan kepuasan mahasiswa tersebut.
Kuesioner
Kepuasan mahasiswa terhadap performa mengajar dosen, Kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik dan Kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana pembelajaran
Tahun Akademik 2023/2024
Sebagai upaya Gugus Mutu Program Studi Manajemen Pendidikan Islam untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh mahasiswa aktif agar dapat dilakukan evaluasi dan upaya perbaikan layanan, mohon bisa meluangkan waktu sebentar (kurang lebih 3 menit) untuk memberikan penilaian secara obyektif sesuai tingkat kepuasan anda terhadap pernyataan-pernyataan berikut. Respon dari anda sangat berarti bagi kami. Keamanan dan kerahasiaan data anda akan senantiasa kami jaga.
Questionnaire ini membantu untuk mengevaluasi kinerja Program Studi Pendidikan Agama Islam. silahkan mengisi angket yang ada di bawah ini dengan cara mengklik jawaban yang menurut anda sesuai serta mengisi biodata yang lengkap sesuai dengan apa yang ada pada angket di bawah ini. Angket ini terdiri dari 3 aspek yakni (1) Layanan Kinerja pengajaran Dosen terdapat 9 item pertanyaan dari nomor 1-9 .(2) Layanan Administrasi Program Studi (PS.) terdapat 6 item pertanyaan dari nomor 10-16 dan (3) Sarana Dan Prasarana Pembelajaran yang terdiri dari 6 item pertanyaan dari nomor 17-23.
Seluruh pernyataan diukur dengan Skala likert 1-5. Skor untuk masing-masing jawaban adalah sebagai berikut:
Sangat Tidak Memuaskan (STM) =Skor 1
Tidak Memuaskan (TM) =Skor 2
Cukup Memuaskan (CM) = Skor 3
Memuaskan (M) = Skor 4
Sangat Memuaskan (SM) = Skor 5
Daftar Pernyataan
Kepuasan Mahasiswa Terhadap Performa Mengajar Dosen
No. | Pernyataan | ||||
1. | Kejelasan materi perkuliahan diberikan dosen | ||||
o Tidak | O Cukup memuaskan | o Memuaskan | O Sangat Memuaskan | ||
2. | Waktu yang disediakan untuk diskusi dan tanya jawab | ||||
o Tidak | O Cukup memuaskan | o Memuaskan | O Sangat Memuaskan | ||
3. | Bahan ajar suplemen (handout, modul, dll) yang diberikan kepada mahasiswa untuk melengkapi materi perkuliahan | ||||
o Tidak | O Cukup memuaskan | o Memuaskan | O Sangat Memuaskan | ||
4. | Dosen datang tepat waktu | ||||
o Tidak | O Cukup memuaskan | o Memuaskan | O Sangat Memuaskan | ||
5. | Referensi yang digunakan dosen up to date | ||||
o Tidak | O Cukup memuaskan | o Memuaskan | O Sangat Memuaskan | ||
6. | Dosen obyektif terhadap pemberian nilai | ||||
o Tidak | O Cukup memuaskan | o Memuaskan | O Sangat Memuaskan | ||
7. | Kesesuaian nilai yang diberikan dengan hasil belajar | ||||
o Tidak | O Cukup memuaskan | o Memuaskan | O Sangat Memuaskan | ||
8. | Dosen bersikap terbuka, kooperatif dengan mahasiswa | ||||
o Tidak | O Cukup memuaskan | o Memuaskan | O Sangat Memuaskan | ||
9. | Waktu dipergunakan secara efektif oleh dosen dalam proses pengajaran | ||||
o Tidak | O Cukup memuaskan | o Memuaskan | O Sangat Memuaskan | ||
10. | Saran yang diberikan. | ||||
………………………………………………………………………………………… | |||||
Daftar Pernyataan
Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Administrasi Akademik
No. | Pernyataan | ||||
1. | Kualitas layanan staf akademik Prodi Pendidikan Agama Islam untuk memenuhi kepentingan mahasiswa | ||||
o Tidak | O Cukup memuaskan | o Memuaskan | O Sangat Memuaskan | ||
2. | Pemberian informasi yang akurat dari staff PS Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||
o Tidak | O Cukup memuaskan | o Memuaskan | O Sangat Memuaskan | ||
3. | Staf PS administrasi akademik santun dalam memberikan pelayanan | ||||
o Tidak | O Cukup memuaskan | o Memuaskan | O Sangat Memuaskan | ||
4. | Dosen datang tepat waktu | ||||
o Tidak | O Cukup memuaskan | o Memuaskan | O Sangat Memuaskan | ||
5. | Referensi yang digunakan dosen up to date | ||||
o Tidak | O Cukup memuaskan | o Memuaskan | O Sangat Memuaskan | ||
6. | Dosen obyektif terhadap pemberian nilai | ||||
o Tidak | O Cukup memuaskan | o Memuaskan | O Sangat Memuaskan | ||
7. | Kesesuaian nilai yang diberikan dengan hasil belajar | ||||
o Tidak | O Cukup memuaskan | o Memuaskan | O Sangat Memuaskan | ||
8. | Dosen bersikap terbuka, kooperatif dengan mahasiswa | ||||
o Tidak | O Cukup memuaskan | o Memuaskan | O Sangat Memuaskan | ||
9. | Waktu dipergunakan secara efektif oleh dosen dalam proses pengajaran | ||||
o Tidak | O Cukup memuaskan | o Memuaskan | O Sangat Memuaskan | ||
10. | Saran yang diberikan. | ||||
………………………………………………………………………………………… | |||||
Daftar Pernyataan
Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Layanan Sarana dan Prasarana Pembelajaran
No. | Pernyataan | ||||
1. | Laboratorium yang relevan dengan kebutuhan keilmuan bagi mahasiswa bahasa, komputer dan lain-lain) | ||||
o Tidak | O Cukup memuaskan | o Memuaskan | O Sangat Memuaskan | ||
2. | Di setiap ruang kelas tersedia LCD | ||||
o Tidak | O Cukup memuaskan | o Memuaskan | O Sangat Memuaskan | ||
3. | Ruang kelas memadai dan nyaman untuk proses belajar mengajar | ||||
o Tidak | O Cukup memuaskan | o Memuaskan | O Sangat Memuaskan | ||
4. | Tersedia ruangan yang nyaman untuk ruang kerja dosen dalam melayani mahasiswa (PA
dan bimbingan skripsi) |
||||
o Tidak | O Cukup memuaskan | o Memuaskan | O Sangat Memuaskan | ||
5. | Ketersediaan layanan Wifi yang bisa diakses | ||||
o Tidak | O Cukup memuaskan | o Memuaskan | O Sangat Memuaskan | ||
6. | Tersedia perpustakaan mini yang memadai dengan koleksi pustaka yang representatif | ||||
o Tidak | O Cukup memuaskan | o Memuaskan | O Sangat Memuaskan | ||
7. | Fasilitas ibadah yang dapat dipergunakan oleh mahasiswa | ||||
o Tidak | O Cukup memuaskan | o Memuaskan | O Sangat Memuaskan | ||
8. | Saran yang diberikan. | ||||
………………………………………………………………………………………… | |||||