SEKILAS INFORMASI
: - Minggu, 05-10-2025
  • 1 tahun yang lalu / Assalamu’alaikum wr.wb. Telah dibuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) T.A 2024/2025.
hasil pengukuran mahasiswa

LAPORAN HASIL

KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PERFORMA MENGAJAR DOSEN KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK DAN KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

 SEKOLAH TINGGI AGAMA

 PERGURUAN TINGGI NAHDLATUL ULAMA PADANGSIDIMPUAN

TAHUN 2023/2

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang

Kepuasan mahasiswa terhadap layanan yang diberikan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dalam mencapai visi keilmuan program studi. Mahasiswa selain berperan sebagai input, mereka juga adalah stakeholder yang memanfaatkan jasa program studi. Oleh karena itu, kepuasan mahasiswa menjadi penting dalam konsep pelayanan. Pada saat ini, kualitas program studi terhadap mahasiswa dipandang sebagai salah satu alat untuk mencapai keunggulan kompetitif program studi. Apabila kualitas pelayanan buruk dan kepuasan mahasiswa terhadap performa mengajar dosen kurang memuaskan, maka dalam jangka panjang daya saing program studi akan melemah dan sulit berkembang. Namun, pelayanan berkualitas bukan pekerjaan mudah karena melibatkan banyak aspek seperti pola penyelenggaraan (tata laksana), dukungan sumber daya manusia, dan kelembagaan yang jelas.

Gugus mutu Program Studi sebagai supporting unit selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi mahasiswa. Pelayanan yang diberikan oleh Program studi antara lain yaitu Kepuasan mahasiswa terhadap performa mengajar dosen, Kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik, Kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana pembelajaran. Survey tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan terhadap performa mengajar dosen ini dilakukan untuk menjaring tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan yang diberikan oleh Biro Administrasi Akademik. Hasil survey ini akan menjadi masukan bagi perbaikan maupun peningkatan kualitas pelayanan Program Studi selanjutnya.

B.       Maksud dan Tujuan

Kuesioner Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Kepuasan mahasiswa terhadap performa mengajar dosen, Kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik dan Kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana pembelajaran bertujuan untuk menilai kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh Gugus Mutu Program Studi Pendidikan Agama Islam

STAI PERTINU Padangsidimpuan. Selain itu, survey ini juga sebagai bagian

 

dari monitoring dan evaluasi untuk perbaikan pelayanan selanjutnya.

C.       Sasaran

Mahasiswa Aktif Tahun Akademik 2023/2024

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

METODOLOGI

 

A.       Waktu Pelaksanaan

Penyebaran dan pengembalian kuesioner dimulai tanggal 10 Juni 2023/2024 sampai dengan 28 Juni 2023/2024. Kuesioner tersebut diisi melalui platform google form dan website program studi.

B.       Subjek/Profil Responden

Survey yang dilakukan ini merupakan survey tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan Kepuasan mahasiswa terhadap performa mengajar dosen, Kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik dan Kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana pembelajaran program studi Tahun Akademik 2023/2024 dengan jumlah 100 Mahasiswa.

C.                Teknik Pengambilan Sampel dan Pengumpulan Data

Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada survey kali ini adalah perposive sampling yaitu Mahasiswa Aktif Tahun Akademik 2023/2024 sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Responden diminta untuk mengisi kuisioner melalui Google Form web program studi Pernyataan yang diajukan kepada mahasiswa berjumlah 23 item dari 3 indikator kepuasan mahasiswa. Pernyataan tersebut berkaitan dengan kepuasan mahasiswa terhadap layanan Kepuasan mahasiswa terhadap performa mengajar dosen, Kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik dan Kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana pembelajaran. Dari 23 item pernyataan tersebut diukur dengan menggunakan skala likert 1-5. Skala tersebut menunjukkan 1) Sangat Tidak memuaskan, 2) Tidak Memuaskan Cukup memuaskan, 3) memuaskan, 4) Sangat memuaskan 5).

D.       Pengolahan Data

Data diolah berdasarkan hasil dari pengisian survey melalui Google Form. Selain itu, uji kualitas instrumen yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas diolah dengan menggunakan IBM SPSS Statistics 25.

 

 

 

BAB III

HASIL DAN ANALISA

 

A.       Demografi Kuesioner

Penyebaran dan pengembalian kuesioner dimulai tanggal 10 Juni 2023/2024 sampai dengan 28 Juni 2023/2024. Kuesioner tersebut diisi Google Form dan web program studi dimana hasil kuesioner tersebut terekam pada database Gugus Mutu Program Studi. Berdasarkan hasil penyebaran kuesioner, diperoleh data yang menunjukkan jumlah dan tingkat pengembalian kuesioner. Pada survey ini jumlah respon yang didapatkan sebanyak 100 responden, sebesar 31,8% respon dari jumlah keseluruhan Mahasiswa Aktif Tahun Akademik 2023/2024.

B.                 Uji Kualitas Instrumen

  1. Uji Validitas

Uji validitas dapat dilakukan dengan uji homogenitas data, yaitu dilakukan dengan cara melakukan uji korelasi terhadap item-item pernyataan dengan skor total (pearson correlation). Seluruh item pembentuk variabel dikatakan valid apabila memiliki korelasi (r) dari skor total masing-masing yaitu ≥0,25 atau memiliki nilai sig dari skor total masing-masing yaitu <0,05. Hasil uji validitas dapat dilihat pada tabel berikut:

Hasil Uji Validitas Pearson Correlation

 

Butir Pernyataan R Sig. Keterangan
Pernyataan 1 0,680 0,000 Valid
Pernyataan 2 0,551 0,000 Valid
Pernyataan 3 0,667 0,000 Valid
Pernyataan 4 0,636 0,000 Valid
Pernyataan 5 0,640 0,000 Valid
Pernyataan 6 0,675 0,000 Valid
Pernyataan 7 0,585 0,000 Valid
Pernyataan 8 0,708 0,000 Valid

 

       
Pernyataan 9 0,692 0,000 Valid
Pernyataan 10 0,627 0,000 Valid
Pernyataan 11 0,561 0,000 Valid
Pernyataan 12 0,582 0,000 Valid
Pernyataan 13 0,551 0,000 Valid
Pernyataan 14 0,574 0,000 Valid
Pernyataan 15 0,585 0,000 Valid
Pernyataan 16 0,483 0,000 Valid
Pernyataan 17 0,696 0,000 Valid
Pernyataan 18 0,661 0,000 Valid
Pernyataan 19 0,637 0,000 Valid
Pernyataan 20 0,569 0,000 Valid
Pernyataan 21 0,605 0,000 Valid
Pernyataan 22 0,615 0,000 Valid
Pernyataan 23 0,391 0,000 Valid

Beradasarkan tabel di atas menunjukkan hasil perhitungan uji validitas mengenai jawaban responden dimana keseluruhan berjumlah 560 jawaban reponden. Seluruh item pernyataan memiliki nilai korelasi (r) dari skor total masing-masing yaitu ≥0,25 atau memiliki nilai sig dari skor total masing- masing yaitu <0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa seluruh item pernyataan yang ada dalam kuesioner tersebut dikatakan layak sebagai instrumen untuk mengukur data.

2.         Uji Reliabilitas

Uji reliabilitas adalah pengujian untuk mengetahui seberapa jauh hasil pengukuran dapat dipercaya atau uji yang digunakan untuk megetahui tingkat kepercayaan pada kebenaran atau kesungguhan jawaban instrumen. Instrumen yang memiliki nilai cronbach’s alpha <0,50 maka reliabilitasnya rendah; nilai cronbach’s alpha antara 0,50-0,70 maka reliabilitasnya moderat; nilai cronbach’s alpha antara 0,70-0,90 maka reliabilitasnya tinggi; dan nilai cronbach’s alpha >0,90 maka reliabilitasnya sempurna. Semakin tinggi nilai cronbach’s alpha maka instrumen tersebut semakin

memiliki tingkat konsistensi yang tinggi. Hasil uji reliabilitas dapat dilihat pada tabel berikut:

Hasil Uji Reliabilitas

 

Cronbach’s Alpha Keterangan
0,923 Reliabilitas Sempurna

 

Beradasarkan tabel di atas menunjukkan hasil perhitungan uji reliabilitas mengenai jawaban responden dimana keseluruhan berjumlah 24 jawaban reponden. Hasil pengujian reliabilitas menunjukkan nilai cronbach’s alpha 0,976 yang artinya tingkat konsistensi responden dalam menjawab pernyataan 97,6% dapat dipercaya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa instrumen yang digunakan dalam survey ini memiliki nilai reliabilitas yang sempurna.

C.       Analisis Data

Survey dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik. Respon yang didapatkan berjumlah 100 jawaban. Jumlah pernyataan yang diajukan kepada mahasiswa yaitu 23 item pernyataan yang diukur dengan skala likert 1-5. Skala tersebut menunjukkan 1) Sangat tidak memuaskan, 2) tidak memuaskan, 3) cukup memuaskan, 4) Memuaskan 5) Sangat memuaskan. Hasil survey dapat dlihat pada tabel berikut:

Hasil Survey

 

Butir Pernyataan Sangat Tidak Memuaskan (1) Tidak Memuaskan

(2)

Cukup Memuaskan

(3)

Memuaskan (4) Sangat Memuaskan

(5)

Pernyataan 1 0 2 27 113 92
0% 9% 11,5% 48,3% 39,3%
Pernyataan 2 0 0 27 147 60
0% 0% 11,5% 62,8% 25,6%
Pernyataan 3 0 1 33 130 70
0% 0,4 14,1% 55,6 29,9
Pernyataan 4 0 4 35 117 78
0% 1,7% 15,0% 50% 33,3%
Pernyataan 5 0 0 19 139 75
0% 0% 8,1% 59,4 32,1
Pernyataan 6 0 3 25 119 87

 

0%

Pernyataan 7              0

0%

1,3%

1

0,4

10,7%

25

10,7

50%

144

61,5

37,2%

64

27,4

 

 

 

Pernyataan 8

 

Pernyataan 9

 

Pernyataan 10

 

 

Pernyataan 11

pernyatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pertanyaan 12

 

pertanyaan 13

 

pertanyaan 14

 

Pertanyaan 15

 

pertanyaan 16

 

pertanyaan 17

 

Pertanyaan 18

 

Pertanyaan 19

 

Pertanyaan 20

 

Pertanyaan 21

 

Pertanyaan 22

 

Pertanyaan 23

0

0%

0

0%

1

0,4

0

 

0%

0

0%

0

0%

0

0%

0

0%

0

0%

0

0%

2

0,9%

4

1,7%

0

0%

1

0,4%

0

0%

0

0%

4

1,7

2

0,9

0

0%

0

 

0%

0

0%

0

0%

0

0%

2

0,9%

0

0%

1

0,4%

24

10,3%

9

3,8%

3

1,3%

14

6,0%

7

3,0%

1

0,4%

40

17,1

26

11,1

11

4,7

16

 

6,8%

13

5,6

17

7,3

18

7,7

31

13,2%

17

7,3%

29

12,4%

58

24,8%

33

14,1%

28

12%

48

20,5%

42

17,9%

3

1,3%

109

46,6

142

60,7

110

47,0

120

 

51,3%

129

55,1

129

55,1

133

56,8

127

54,3%

127

54,3%

132

56,4%

104

44,4

143

61,1%

133

56,8%

116

49,6%

123

52,6%

103

44,0%

81

34,6

64

27,4

110

47,0

98

 

41,9%

92

39,3

87

37,2

83

35,5

73

31,2%

90

38,5%

72

30,8%

46

19,7%

45

19,2%

70

29,9%

55

23,5%

62

26,5%

127

54,3%

 

Hasil evaluasi 23 item pernyataan secara keseluruhan mengenai tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik untuk skala likert1-5 terdapat pada poin 4 yaitu “memuaskan”. Berikut hasil analisis SPSS dapat dilihat pada Tabeldi bawah ini

Rata-Rata Jawaban 100 Responden

Skala Likert 1-5
Kriteria Jawaban
Cukup Memuaskan 6,0%
Memuaskan 71,4%
Sangat Memuaskan 22,6%

 

D.       Kesimpulan

Survey menunjukkan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan Kepuasan mahasiswa terhadap performa mengajar dosen, Kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik, Kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana pembelajaran sebesar 71,4%. Skala likert menunjukkan menunjukkan rata-rata yakni pada angka yang cukup memuaskan dengan presentasi sebesar 6,0%, memuaskan sebesar 71,4%, dan sangat memuaskan sebesar 22,6%. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan menggunakan aplikasi SPSS 22 menunjukkan bahawa tingkat kepuasan pada 3 aspek layanan berada kriteria memuaskan. “.

Pernyataan 1

Kejelasan materi perkuliahan diberikan dosen

 

 

 

 

Pada aspek kejelasan materi perkuliahan diberikan dosen menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan terdapat 2 (9%), cukup memuaskan (11,5%) memuaskan (48,3%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (39,3%).

Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan

Pernyataan 2

Waktu yang disediakan untuk diskusi dan tanya jawab

 

 

Pada aspek Waktu yang disediakan untuk diskusi dan tanya jawab menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria cukup memuaskan (11,5%) memuaskan (48,3%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (25,6%). Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.

Pernyataan 3

Bahan ajar suplemen (handout, modul, dll) yang diberikan kepada mahasiswa untuk melengkapi materi perkuliahan

 

 

Pada aspek Bahan ajar suplemen (handout, modul, dll) yang diberikan kepada mahasiswa untuk melengkapi materi perkuliahan menunjukkan bahwa persentasi pada

kriteria cukup memuaskan (14,1%) memuaskan (55,6%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (29,9%). Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.

Pernyataan 4

Dosen datang tepat waktu

 

Pada aspek Dosen datang tepat waktu menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan (1,7%) cukup memuaskan (15%) memuaskan (50%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (33,3%). Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.

Pernyataan 5

Referensi yang digunakan dosen up to date

 

 

 

 

 

Pada aspek Dosen datang tepat waktu menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria cukup memuaskan (8,1%) memuaskan (59,4%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (32,1%). Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.

Pernyataan 6

Dosen obyektif terhadap pemberian nilai

 

Pada aspek Dosen obyektif terhadap pemberian nilai menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan (1,3%) cukup memuaskan (10,7%) memuaskan (50%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (38%). Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.

Pernyataan 7

Kesesuaian nilai yang diberikan dengan hasil belajar

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada aspek Kesesuaian nilai yang diberikan dengan hasil belajar menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan (0,4%) cukup memuaskan (10,7%) memuaskan (61,5%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (27,4%). Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.

Pernyataan 8

Dosen bersikap terbuka, kooperatif dengan mahasiswa

 

 

Pada aspek Kesesuaian nilai yang diberikan dengan hasil belajar menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan (1,7%) cukup memuaskan (17,1%) memuaskan (46,6%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (34,6%). Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.

Pernyataan 9

Waktu dipergunakan secara efektif oleh dosen dalam proses pengajaran

 

Pada aspek Kesesuaian nilai yang diberikan dengan hasil belajar menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan (0,9%) cukup memuaskan (11,1%) memuaskan (60,7%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (27,4%). Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.

Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Administrasi Akademik

Pernyataan 10

Kualitas layanan staf akademik Prodi Pendidikan Agama Islam untuk memenuhi kepentingan mahasiswa

 

Pada aspek Kualitas layanan staf akademik Prodi Pendidikanm Agma Islam untuk memenuhi kepentingan mahasiswa menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria sangat tidak memuaskan (0,4%) cukup memuaskan (4,7%) memuaskan (47,0%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (47,0% Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan dan sangat memuaskan.

Pernyataan 11

Pemberian informasi yang akurat dari staff PS Prodi Pendidikan Agama Islam

 

Pada aspek Kualitas layanan staf akademik Prodi Pendidikan Agama Islam untuk memenuhi kepentingan mahasiswa menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria sangat cukup memuaskan (6,8%) memuaskan (51,3%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (41,9%  Berdasarkan data pada persentase  diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.

Pernyataan 12

Staf PS administrasi akademik santun dalam memberikan pelayanan

Pada aspek Staf PS administrasi akademik santun dalam memberikan pelayanan untuk memenuhi kepentingan mahasiswa menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria sangat cukup memuaskan (5,6%) memuaskan (51,1%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (39,3% Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan

Pernyataan 13

Kemampuan staf Prodi Pendidikan Agama Islam akademik untuk melayani administrasi kemahasiswaan

 

Pada aspek Kemampuan staf Prodi Pendidikan Agama Islam akademik untuk melayani administrasi kemahasiswaan menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria sangat cukup memuaskan (7,3%) memuaskan (51,1%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (372% Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.

Pernyataan 14

Kepedulian Staff PS dalam memahami kepentingan dan kesulitan mahasiswa

Pada aspek Kepedulian Staff PS dalam memahami kepentingan dan kesulitan mahasiswa menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria cukup memuaskan (7,7%) memuaskan (56,8%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (35,5% Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan Pernyataan 15

Asistensi staff PS terhadap publikasi ilmiah

 

Pada aspek Asistensi staff PS terhadap publikasi ilmiah menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan (0,9) cukup memuaskan (13,2%) memuaskan (54,3%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (31,2% Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan

Pernyataan 16

Asistensi pelayanan staff PS tentang informasi akademik

Pada aspek Asistensi pelayanan staff PS tentang informasi akademik kemahasiswaan menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria cukup memuaskan (7,3%) memuaskan (54,3%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (38,5% Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan

Layanan Sarana dan Prasarana Pembelajaran

Pernyataan 17

Laboratorium yang relevan dengan kebutuhan keilmuan bagi mahasiswa bahasa, komputer dan lain-lain)

Pada aspek Laboratorium yang relevan dengan kebutuhan keilmuan bagi mahasiswa bahasa, komputer dan lain-lain) menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan (0,4%) cukup memuaskan (12,4%) memuaskan (56,4%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (30,8% Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.

Pernyataan 18

Di setiap ruang kelas tersedia LCD

 

Pada aspek Di setiap ruang kelas tersedia LCD menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria sangat tidak memuaskan (0,9) tidak memuaskan (10,3%) cukup memuaskan (24,8%) memuaskan (44,4%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (19,7%) Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.

Pernyataan 19

Ruang kelas memadai dan nyaman untuk proses belajar mengajar

 

Pada aspek Ruang kelas memadai dan nyaman untuk proses belajar mengajar menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria sangat tidak memuaskan (1,7%) tidak memuaskan (3,8%) cukup memuaskan (14,1%) memuaskan (61,1%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (19,2%) Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan

Pernyataan 20

Tersedia ruangan yang nyaman untuk ruang kerja dosen dalam melayani mahasiswa

(PA dan bimbingan skripsi)

 

Pada aspek Tersedia ruangan yang nyaman untuk ruang kerja dosen dalam melayani mahasiswa (PA dan bimbingan skripsi) menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan (1,3%) cukup memuaskan (12%) memuaskan (56,8%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (29,9%) Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.

Pernyataan 21

Ketersediaan layanan Wifi yang bisa diakses

Pada aspek Ketersediaan layanan Wifi yang bisa diakses menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria sangat tidak memuaskan (0,4) tidak memuaskan (6,0%) cukup memuaskan (20,5%) memuaskan (49,6%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (23,5%) Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.

Pernyataan 22

Tersedia perpustakaan mini yang memadai dengan koleksi pustaka yang representatif

 

Pada aspek Tersedia perpustakaan mini yang memadai dengan koleksi pustaka yang representatif menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan (3,0%) cukup memuaskan (17,9%) memuaskan (52,6%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (26,5%) Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.

Pernyataan 23

 

 

Fasilitas ibadah yang dapat dipergunakan oleh mahasiswa

Pada aspek Fasilitas ibadah yang dapat dipergunakan oleh mahasiswa menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan (0,4%) cukup memuaskan (1,3%) memuaskan (44,0%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (54,3%) Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

RENCANA TINDAK LANJUT

Berdasarkan hasil survey tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan Kepuasan mahasiswa terhadap performa mengajar dosen, Kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik dan Kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana pembelajaran memuaskan. Meskipun demikian, perlu dilakukan evaluasi kinerja untuk melakukan perbaikan dan peningkatan yaitu ketepatan dan kecepatan dalam pelayanan, penyampaian informasi yang akurat, akses informasi yang mudah, serta kelengkapan fasilitas ruang kelas. Dengan adanya evaluasi dan perbaikan maka diharapkan dapat memberikan tingkat kepuasan yang lebih baik lagi. Nilai persentase tingkat kepuasan yang dihasilkan pada survey ini telah sesuai standar. Dengan demikian, merekomendasikan kepada Program Studi untuk lebih meningkatkan pelayanan prima kepada 3 aspek layanan kepuasan mahasiswa tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kuesioner

Kepuasan mahasiswa terhadap performa mengajar dosen, Kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik dan Kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana pembelajaran

Tahun Akademik 2023/2024

Sebagai upaya Gugus Mutu Program Studi Manajemen Pendidikan Islam untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh mahasiswa aktif agar dapat dilakukan evaluasi dan upaya perbaikan layanan, mohon bisa meluangkan waktu sebentar (kurang lebih 3 menit) untuk memberikan penilaian secara obyektif sesuai tingkat kepuasan anda terhadap pernyataan-pernyataan berikut. Respon dari anda sangat berarti bagi kami. Keamanan dan kerahasiaan data anda akan senantiasa kami jaga.

Questionnaire ini membantu untuk mengevaluasi kinerja Program Studi Pendidikan Agama Islam. silahkan mengisi angket yang ada di bawah ini dengan cara mengklik jawaban yang menurut anda sesuai serta mengisi biodata yang lengkap sesuai dengan apa yang ada pada angket di bawah ini. Angket ini terdiri dari 3 aspek yakni (1) Layanan Kinerja pengajaran Dosen terdapat 9 item pertanyaan dari nomor 1-9 .(2) Layanan Administrasi Program Studi (PS.) terdapat 6 item pertanyaan dari nomor 10-16 dan (3) Sarana Dan Prasarana Pembelajaran yang terdiri dari 6 item pertanyaan dari nomor 17-23.

Seluruh pernyataan diukur dengan Skala likert 1-5. Skor untuk masing-masing jawaban adalah sebagai berikut:

Sangat Tidak Memuaskan (STM) =Skor 1

Tidak Memuaskan (TM) =Skor 2

Cukup Memuaskan (CM) = Skor 3

Memuaskan (M) = Skor 4

Sangat Memuaskan (SM) = Skor 5

 

 

 

 

Daftar Pernyataan

Kepuasan Mahasiswa Terhadap Performa Mengajar Dosen

 

No. Pernyataan
1. Kejelasan materi perkuliahan diberikan dosen
o    Tidak O Cukup memuaskan o    Memuaskan O Sangat Memuaskan
2. Waktu yang disediakan untuk diskusi dan tanya jawab
  o    Tidak O Cukup memuaskan o    Memuaskan O Sangat Memuaskan
3. Bahan ajar suplemen (handout, modul, dll) yang diberikan kepada mahasiswa untuk melengkapi materi perkuliahan
  o    Tidak O Cukup memuaskan o    Memuaskan O Sangat Memuaskan
4. Dosen datang tepat waktu
  o    Tidak O Cukup memuaskan o    Memuaskan O Sangat Memuaskan
5. Referensi yang digunakan dosen up to date
  o    Tidak O Cukup memuaskan o    Memuaskan O Sangat Memuaskan
6. Dosen obyektif terhadap pemberian nilai
  o    Tidak O Cukup memuaskan o    Memuaskan O Sangat Memuaskan
7. Kesesuaian nilai yang diberikan dengan hasil belajar
  o    Tidak O Cukup memuaskan o    Memuaskan O Sangat Memuaskan
8. Dosen bersikap terbuka, kooperatif dengan mahasiswa
  o    Tidak O Cukup memuaskan o    Memuaskan O Sangat Memuaskan
9. Waktu dipergunakan secara efektif oleh dosen dalam proses pengajaran
  o    Tidak O Cukup memuaskan o    Memuaskan O Sangat Memuaskan
10. Saran yang diberikan.
…………………………………………………………………………………………

Daftar Pernyataan

Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Administrasi Akademik

No. Pernyataan
1. Kualitas layanan staf akademik Prodi Pendidikan Agama Islam untuk memenuhi kepentingan mahasiswa
o    Tidak O Cukup memuaskan o    Memuaskan O Sangat Memuaskan
2. Pemberian informasi yang akurat dari staff PS Prodi Pendidikan Agama Islam
  o    Tidak O Cukup memuaskan o    Memuaskan O Sangat Memuaskan
3. Staf PS administrasi akademik santun dalam memberikan pelayanan
  o    Tidak O Cukup memuaskan o    Memuaskan O Sangat Memuaskan
4. Dosen datang tepat waktu
  o    Tidak O Cukup memuaskan o    Memuaskan O Sangat Memuaskan
5. Referensi yang digunakan dosen up to date
  o    Tidak O Cukup memuaskan o    Memuaskan O Sangat Memuaskan
6. Dosen obyektif terhadap pemberian nilai
  o    Tidak O Cukup memuaskan o    Memuaskan O Sangat Memuaskan
7. Kesesuaian nilai yang diberikan dengan hasil belajar
  o    Tidak O Cukup memuaskan o    Memuaskan O Sangat Memuaskan
8. Dosen bersikap terbuka, kooperatif dengan mahasiswa
  o    Tidak O Cukup memuaskan o    Memuaskan O Sangat Memuaskan
9. Waktu dipergunakan secara efektif oleh dosen dalam proses pengajaran
  o    Tidak O Cukup memuaskan o    Memuaskan O Sangat Memuaskan
10. Saran yang diberikan.
…………………………………………………………………………………………

Daftar Pernyataan

Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Layanan Sarana dan Prasarana Pembelajaran

No. Pernyataan
1. Laboratorium yang relevan dengan kebutuhan keilmuan bagi mahasiswa bahasa, komputer dan lain-lain)
o    Tidak O Cukup memuaskan o    Memuaskan O Sangat Memuaskan
2. Di setiap ruang kelas tersedia LCD
  o    Tidak O Cukup memuaskan o    Memuaskan O Sangat Memuaskan
3. Ruang kelas memadai dan nyaman untuk proses belajar mengajar
  o    Tidak O Cukup memuaskan o    Memuaskan O Sangat Memuaskan
4. Tersedia ruangan yang nyaman untuk ruang kerja dosen dalam melayani mahasiswa (PA

dan bimbingan skripsi)

  o    Tidak O Cukup memuaskan o    Memuaskan O Sangat Memuaskan
5. Ketersediaan layanan Wifi yang bisa diakses
  o    Tidak O Cukup memuaskan o    Memuaskan O Sangat Memuaskan
6. Tersedia perpustakaan mini yang memadai dengan koleksi pustaka yang representatif
  o    Tidak O Cukup memuaskan o    Memuaskan O Sangat Memuaskan
7. Fasilitas ibadah yang dapat dipergunakan oleh mahasiswa
  o    Tidak O Cukup memuaskan o    Memuaskan O Sangat Memuaskan
8. Saran yang diberikan.
…………………………………………………………………………………………

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Agenda

Data Kampus

STAI PERTINU Padangsidimpuan

NSPTKI : 347446868

Jl. Sutan Parlaungan Harahap
KEC. Padangsidimpuan Utara
KAB. Kota Padang Sidempuan
PROV. Sumatera Utara
KODE POS 28784
TELEPON 080000000000
FAX 0723-1234567
EMAIL admin@staipertinu.ac.id